KEWIRAUSAHAAN
PELUANG-PELUANG USAHA
Disusun Oleh :
Kelompok : 1 (Satu)
Nama : 1.
Dewi Julian / 32413291
2. Donny Dharmawan/ 32413640
2. Rafika Putri Nilam Sari / 37413131
3. Yardha Khairani / 39413403
Kelas : 4ID06
Dosen : Anggia Paramita Putri Kencana
JURUSAN TEKNIK INDUSTRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
2016
Untuk mencoba menganalisis suatu peluang-peluang usaha dan produk yang akan
kita hasilkan, berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan.
1. Identifikasi
Peluang
Pada tahapan ini disini
kami melakukan diskusi bersama untuk menentukan jenis usaha apa yang akan kami
lakukan. Pada tahapan ini disini kami memilih 10 jenis usaha baik dari segi
manufaktur maupun jasa yang memiliki prospek yang cerah di masa yang akan
datang dan sesuai dengan potensi diri yang kami miliki.
No
|
Identifikasi Usaha
|
Nilai Fungsional
|
1
|
Laundry Kiloan
|
Membantu Untuk meringankan pekerjaan Ibu Rumah Tangga
yang bekerja, mahasiswa perantauan, dan para perkerja.
|
2
|
Online Shop
|
Memudahkan untuk melakukan kegiatan shopping dengan mudah.
|
3
|
Air Isi Ulang Galon
|
Membantu memenuhi kebutuhan manusia yaitu dari segi air
minum yang higienis
|
4
|
Counter HP
|
Membantu dalam pemenuhan kebutuhan manusia yang
berhubungan dengan alat komunikasi seperti kartu perdana, kuota data, pulsa,
dan aksesoris handphone lainnya.
|
5
|
Café
|
Menyediakan suatu tempat yang nyaman untuk kegiatan
bersosialisasi
|
6
|
Steam Motor dan Mobil
|
Membantu para pengendara baik motor ataupun mobil untuk
membersihkan kendaraan yang mereka miliki.
|
7
|
Bimbel
|
Membantu para orangtua yang kesulitan untuk membimbing
anak mereka untuk belajar
|
8
|
Warnet
|
Membantu memudahkan para pelajar dan pekerja yang tidak
memiliki perangkat komputer dan tidak memiliki jaringan internet
|
9
|
Jual Souvenir
|
Menjual kebutuhan souvenir baik untuk souvenir
pernikahan ataupun souvenir ulang tahun
|
10
|
Jasa Fotocopy dan
Print
|
Menyediakan tempat untuk mencetak dokumen bagi mereka
yang tidak memiliki perangkat tersebut.
|
Kesepuluh jenis usaha diatas
kami pilih berdasarkan hasil diskusi dari kelompok kami dengan menyesuaikan
dengan kemampuan dan potensi diri yang kami miliki.
2. Memilih 3 Jenis Usaha dari 10 Jenis Usaha yang ditetapkan.
Pada tahap ini disini kami melakukan tahap analisis makro
dan analisi mikro yaitu dengan memilih tiga jenis usaha yang kami akan pilih
dari 10 jenis usaha yang sebelumnya telah ditetapkan. Ketiga jenis usaha yang
kami pilihn kami lakukan dengan melakukan diskusi dan pembobotan dengan
mempertimbangkan faktor-faktor internal dan eksternal
No
|
Gagasan Usaha
|
Alasan
|
1
|
Laundry Kiloan
|
Seiring dengan perkembangan zaman dan tuntutam biaya
hidup yang semakin tinggi tidak memungkiri banyaknya ibut rumah tangga yang
saat ini merangkap tugas untuk menjadi wanita karier. Karena hal tersebut
seringkali ibu rumah tangga tersebut kesulitan untuk membagi waktu untuk
mengurusi pekerjaan kantor dan pekerjaan rumah tangganya seperti mencuci
pakaian. Tidak hanya ibu rumah tangga saja,banyak para pekerja muda dan
mahasiswa yang merantau yang biasanya dibantu oleh orang tua dalam hal
mencuci pakaian merasa kesulitas ketiak mereka merantau. Berdasarkan kondisi
tersebut disini kami memilih laundry kiloan untuk menjadi solusi untuk
membantu mereka dengan membuat usaha laundry kiloan
|
2
|
Online Shop
|
Zaman sekarang merupakan era globalisasi dimana saat
ini penggunaan alat telekomunikasi bukan hanya unutk sekedar relpon-menelpon
saja, tetapi juga bisa membantu untuk melakukan usaha. Kesibukan yangt
dialami seseorang terkadang membuat seseorang tersebut malas untuk bepergian
untuk berbelanja. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti jarakj
waktu yang harus ditempuh untuk pergi ketempat perbelanjaan, macet yang harus
dihadapai, ongkos transportasi, belum lagi antrian yang harus dihadapi untuk melakukan
pembayaran. Berdasarkan hal terseut disini kami mendirikan sebuah online shop
yang menjual pakaian dan sepatu baik untuk pria ataupun wanita. Pembuatan
online shop ini ditujukan untuk Memudahkan melakukan kegiatan shopping yang dilakukan yang bisa diakses
dari mana saja dan kapan saja.
|
3
|
Air Isi Ulang Galon
|
Air Minum adalah salah satu kebutuhan penting bagi
manusia. Karena hal tersebut kami yakin bahwa usaha ini akan dapat memenuhi
kebutuhan tersebut. Dengan adanya air isi ulang galonan ini dapat Membantu
memenuhi kebutuhan manusia yaitu dari segi air minum yang higienis.
|
4
|
Counter HP
|
Tidak dipungkiri penggunaan alat telekomunikasi yaitu
handphone saat ini merupakan suatu perangkat yang sangat membantu kehidupan
manusia. Disini kami membua counter hp yaitu guna membantu dalam pemenuhan
kebutuhan manusia yang berhubungan dengan alat komunikasi seperti kartu
perdana, kuota data, pulsa, dan aksesoris handphone lainnya sehingga para
pengguna hp tersebut dapat menggunakan handphone nya secara maksimal
|
5
|
Café
|
Makan adalah kebutuhan primer manusia. Tanpa makan
manusia tidak bisa hidup. Tapi manusia sebagai makhluk sosial juga memerlukan
tempat untuk bersosialisasi. Saat ini tempat makan yang dicari bukan hanya
dari segi rasa dan harga, tetapi juga dari segi keunikan dan penampilan
tempat tersebut.Hal ini berkaitan dengan perkembangan zaman dan alat
telekomunikasi. Karena tempat makan bukan hanya untuk makan tetapi juga untuk
mengabadikan momen mereka, terlebih lagi untuk mahasiswa mereka membutuhkan
tempat yang nyaman untuk mengerjakan tugas mereka. Disini kami memilih cafe
yang bertujuan untuk enyediakan suatu tempat makan yang enak, dan nyaman
untuk kegiatan bersosialisasi
|
6
|
Steam Motor dan Mobil
|
Jumlah pengendara motor dan mobil di Indonesia dari
tahun ketahun terus mengalami peningkatan. Sebagai pengendara motor satu hal
yang saya sangat malas lakukan adalah untuk mencuci motor sendiri, selain
karena kesibukan yang ada dan terkadang hasil cucian kurang maksimal membuat
kita merasa malas untuk mencuci kendaraan kita. Berdasarkan hal tersebut
disini kami membuat steam motor dan mobil yang bertujuan guna membantu para
pengendara baik motor ataupun mobil untuk membersihkan kendaraan yang mereka
miliki.
|
7
|
Bimbel
|
Pendidikan adalah salah satu aspek penting yang harus
dimiliki oleh seseorang. Sesuai dengan tuntutan zaman saat ini banyak sekali
ibu rumah tangga yang menjadi wanita karier sehingga mereka tidak ada waktu
unutk membimbing anaknya ketika dirumah untuk membantu dalam proses belajar.
Berdasarkan hal tersebut disini kami memilih bimbel guna membantu para
orangtua yang kesulitan untuk membimbing anak mereka untuk belajar
|
8
|
Warnet
|
Pekembangan Teknologi di Indonesia menjadikan komputer
dan jaringan internet adalah sesuatu hal yang wajib dimiliki baik untuk pekera,
ibu rumah tangga, ataupun pelajra. Dengan adanya komputer dan jaringan
internet tersebut terkadang dapat membantu suatu kegiatan menjadi lebih mudah
dan cepat. Tetapi tidak semua keluarga atau individu yang memiliki komputer
dan jaringan internet. Berdasarkan hal tersebut disini kami memilih warne
guna membantu memudahkan para pelajar dan pekerja yang tidak memiliki
perangkat komputer dan tidak memiliki jaringan internet.
|
9
|
Jual Souvenir
|
Souvenir adalah salah satu barang wajib ketika
mengadakan suatu acara baik pernikahan ataupun ulangtahun dan hal lainnya.
Tetapi terkadang untuk mencari souvenir dibutuhkan waktu yang lama dan barang
yang ada tidak sesuai dengan keinginan orang tersebut. Berdasarkan hal
tersebut disini kami memilih suatu usaha jual souvenir guna membantu seseorang untuk mencari kebutuhan souvenir
baik untuk souvenir pernikahan ataupun souvenir ulang tahun
|
10
|
Jasa Fotocopy dan Print
|
Para pelajar saat ini kebanyakn membuat tugas melalui
perangkat komputer dan hasilnya kebanyakan masih dalam bentuk print-out.
Tetapi tidak semua pelajar memiliki printer untuk membantu mengerjakan tugas
mereka. Disini kami memilihi usaha fotocopy dan print diharapkan guna menyediakan
tempat untuk mencetak dokumen bagi mereka yang tidak memiliki perangkat
tersebut dengan harga yang sesuai dan terjangkau bagi para pelajar.
|
Setelah
melakukan analisis makro seperti diatas, berikut ini akan dilakukan analisis
mikro dengan mempertimbangkan faktor internal dan faktor eksternal. Faktor
internal meliputi penguasaan sumber daya seperti lingkungan, peralatan dan
finansial, penguasaan knowledge dan skill, serta penguasaan manajemen dan
jejaring sosial. Faktor eksternal meliputi peraturan pemerintah, tingkat
permintaan dan penawaran, persaingan, resiko, dana prospek ekonomi baik lokal,
regional, nasional maupun global. Analisis mikro berikut ini dilakukan dengan
melakukan pembobotan dengan nilai skala 1-5
No
|
Pertimbangan
|
Bobot Setiap Gagasan Usaha Berdasarkan Pertimbangan
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
||
1
|
Modal
|
3
|
5
|
2
|
4
|
2
|
3
|
5
|
1
|
3
|
2
|
2
|
Kemampuan
|
3
|
4
|
3
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
3
|
Permintaan
|
4
|
4
|
3
|
3
|
5
|
3
|
3
|
5
|
3
|
5
|
4
|
Peralatan
|
4
|
5
|
3
|
3
|
2
|
4
|
5
|
1
|
3
|
3
|
5
|
Lingkungan
|
5
|
5
|
4
|
4
|
5
|
4
|
3
|
4
|
3
|
5
|
Total Bobot Setiap Gagasan Usaha
|
19
|
23
|
15
|
22
|
17
|
18
|
20
|
15
|
15
|
19
|
|
Prioritas
|
-
|
1
|
-
|
2
|
-
|
-
|
3
|
-
|
-
|
-
|
Kriteria Pembobotan :
1 (Tidak Mendukung)
2 (Kurang Mendukung)
3 (Cukup Mendukung)
4 (Mendukung)
5 (Sangat Mendukung)
Berdasarkan
pembobotan diatas dengan melakukan pembobotan dengan pertimbangan-pertimbangan
yang meliputi faktor internal dan eksternal maka dapat diketahui bahwa terpilih
3 jenis gagasan usaha yaitju Online Shop,
Counter Handphone, dan membuat bimbel. Langkan berikutnya yang dapat
dilakukan adalah melakukan analisis SWOT atau analisis KLAP.
3.
Analisa SWOT
Analisa SWOT atau dikenal dengan istilah kelebihan,
kekurangan, peluang dan ancaman dilakukan dengan memberi nilai bobot untuk
menentukan gagasan usaha yang menjadi prioritas utama. Berikut ini adalah
analisis SWOT yang dilakukan dari ketiga jenis gagasan usaha yang terpilih.
a. Gagasan Usaha 1:
Online Shop
Gagasan usaha ini terpilih berdasarkan
analisis mikro yang dilakukan dengan melakukan pembobotan dengan memperhatikan
pertimbangan-pertimbangan terhadap faktor internal dan eskternal.
KEKUATAN
|
KELEMAHAN
|
Bobot
1. Fast Respond 4
2. Bervariasi 3
3. Berkualitas 4
4. Harga terjangkau
3
|
Bobot
1.
Promosi 3
2.
Waktu Pengiriman 3
|
PELUANG
|
ANCAMAN
|
Bobot
1. Peluang Pasar
4
2. Banyak Peminat
4
|
Bobot
1.
Banyak Pesaing 5
2.
Pesaing Ada yang Lebih 4
Murah
|
KLPA Gagasan Usaha 1 = (K + P ) – ( L + A )
= (14 + 8 ) – (6 + 9)
= (22) – (15)
= 7
b.
Gagasan Usaha 2: Counter Hp
Gagasan usaha ini terpilih
berdasarkan analisis mikro yang dilakukan dengan melakukan pembobotan dengan
memperhatikan pertimbangan-pertimbangan terhadap faktor internal dan eskternal.
KEKUATAN
|
KELEMAHAN
|
Bobot
1. Lokasi 3
2. Harga 3
3. Cepat 3
|
Bobot
1.
Kurang Lengkap 3
|
PELUANG
|
ANCAMAN
|
Bobot
1. Peluang Pasar
5
2. Banyak Peminat
5
|
Bobot
1.
Banyak Pesaing 5
2.
Pesaiang Ada Yang Lebih 5
Murah
|
KLPA Gagasan Usaha 1 = (K + P ) – ( L + A )
= (9 + 10 ) – (3 + 10)
= (19) – (13)
= 6
c. Gagasan Usaha 3: Bimbingan Belajar
Gagasan usaha ini terpilih
berdasarkan analisis mikro yang dilakukan dengan melakukan pembobotan dengan
memperhatikan pertimbangan-pertimbangan terhadap faktor internal dan eskternal.
KEKUATAN
|
KELEMAHAN
|
Bobot
1. Lokasi 3
2. Harga 3
3. Kemampuan
4
4. Fasilitas 3
|
Bobot
1.
Kurang Pengalaman 3
2.
Waktu Kurang Fleksibel 3
|
PELUANG
|
ANCAMAN
|
Bobot
1
Peluang Pasar 4
2
Banyak Peminat 4
|
Bobot
1.
Banyak Pesaing 4
2.
Pesaiang Ada Yang Lebih 4
Murah
|
KLPA Gagasan Usaha 1 = (K + P ) – ( L + A )
= (13 + 8 ) – (6 + 8)
= (21) – (14)
= 7
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Enter your comment..